Selasa, 04 Maret 2014

Kunci Sukses Wirausaha

Berwirausaha tidak semudah kelihatannya. Banyak orang yang memutuskan untuk membuka usaha sendiri lalu menjalankannya. Ada sejumlah sifat yang semestinya dimiliki seorang pengusaha sehingga sukses dalam mengembangkan usaha yang dijalankannya. Berbagai sifat tersebut akan membawa pengusaha dalam kesuksesan jika sifat tersebut melekat dalam diri pengusaha. Salah satunya adalah jujur.

Kejujuran adalah landasan moral wirausahawan. Kejujuran dalam berperilaku pada kehidupan yang bersifat kompleks, kejujuran tentang karakteristik produk dan jasa yang ditawarkan, bersikap jujur mengenai promosi yang dilakukan, dan kejujuran terhadap kegiatan terkait dengan penjualan produk. Kejujuran merupakan salah satu kunci sukses wiraswasta yang sangat penting.

Ada sebuah kisah pada jaman dahulu kala, dinegeri entah berantah banyak pedagang yang ingin meraup keuntungan dengan menghalalkan segala cara. Yaitu dengan memasukkan batu-batu kecil kedalam beras kemudian dimasukkan kedalam karung beras.

Banyak pembeli yang kecewa dengan para pedagang seperti itu, rupanya pembeli tidak punya pilihan karna semua pedagang melakukan hal yang sama yaitu memasukkan batu-batu kecil kedalam beras. Maksud dari perbuatan curang itu tidak lain untuk menekan ongkos produksi dengan ditambahnya batu-batu kecil maka beras tidak sampai dengan 1 liter dan para pedagang menjualnya dengan harga 1 liter.

Dalam situasi seperti ini, ada pedagang yang jujur melihat peluang untuk mengambil pasar yang terbuka lebar. Yaitu dia membeli beras dari pedagang yang berlaku curang kemudian dia bersihkan batu-batu kecil yang ada di dalam beras. Kemudian dia jual dengan harga tinggi.

Pedagang yang berlaku curang berfikir, bahwa si pedagang jujur ini akan tidak akan laku beras yang ia jual karna harga yang cukup tinggi. tapi pasar berkata lain, justru dengan tidak repot harus membersihkan batu-batu kecil yang ada di dalam beras para pembeli rela membeli dengan harga yang cukup mahal.
Kejujuran adalah kepercayaan yang harus dijaga selama kita berwirausaha.

Uang bukan segala-galanya. Ada peribahasa yang berbunyi “Uang Hilang Masih Bisa Dicari, Kepercayaan Hilang Susah untuk direbut kembali”. Walhasil, pedagang yang jujur ini memetik buah yang manis dari perbuatan jujurnya.

Tidak ada komentar:

Jual Bubuk Cincau Hitam | Grass Jelly Powder

Anda cari supplier yang jual cincau hitam termurah untuk tambahan topping minuman bubble drink, boba brown sugar, es cappucino cincau, jelly...