Rabu, 05 Maret 2014

Bangunlah Keunikan Produk Anda




Dengan re-inovasi terus menerus untuk menciptakan suatu keunikan akan membuat produk Anda susah untuk diikuti, sehingga para pesaing akan lebih sulit untuk mengejarnya. Bila itu sukses dilakukan maka produk Anda akan menguasai mind share, karena produk tersebut tidak bisa didapatkan ditempat lain. Pada akhirnya produk Anda akan menjadi eksklusif yang dapat memberikan pelanggan Anda rasa bangga ketika menggunakan produk Anda. 

Keunikan memegang salah satu kunci kesuksesan sebuah bisnis, lalu bagaimana keunikan seharusnya dibangun. Ada tiga dimensi yang bisa menjadi sebuah kerangka dalam menciptakan sebuah keunikan.
1. Dimensi Kandungan Bahan
Keunikan sebuah produk bisa dibangun dengan menciptakan dari bahan kandungan yang digunakan untuk membuat produk tersebut. Keunikan ini bisa diciptakan dengan melakukan pembedaan jenis, asal bahan baku yang digunakan, dan kualitas bahan tersebut.
Keunikan di dimensi ini menempel pada produknya, sehingga para pelanggan bisa mengetahui kandungan yang ada dalam produk tersebut sehingga bisa saja mereka menirunya.
Contoh keunikan yang masuk kedalam dimensi ini adalah baso yang dibuat dari daging ayam, toko retail yang khusus menjual susu untuk bayi dan balita serta salon potong rambut khusus untuk anak-anak.
2. Dimensi Proses
Keunikan pada dimensi ini didapatkan dari tahapan dan proses yang unik. Keunikan tersebut dicapai dengan membangun infrastruktur tertentu dalam bentuk, peralatan yang berbeda, teknologi khusus, serta penggunaan bahan-bahan mendukung yang spesifik. Keunikan ini juga bisa dilakukan pada saat produksi, selama proses produksi atau pasca produksi.
Selain dari infrastruktur ataupun perlakuan, keunikan juga bisa didapatkan dengan melibatkan manusia yang melakukan proses produksi tersebut. Keunikan dari dimensi proses ini bersifat moderat, keunikannya terletak pada lembaga pelaksana proses tersebut.
Contoh keunikan yang ada di dimensi ini adalah kerupuk yang digoreng dengan pasir, akupuntur yang terapisnya merupakan orang cina asli, ataupun kursus bahasa Jepang yang tenaga pengajarnya merupakan orang yang native berbahasa Jepang.
3. Dimensi Delivery Method
Dimensi delivery method atau tahapan terakhir penyerahan produk terhadap pelanggan ini adalah keunikan yang diciptakan saat proses penyampaian produk kepada pelanggan. Pada dimensi ini kita bisa melakukan keunikan dari segi kemasan, produk biasa yang dikemas secara eksklusif akan membuat jadi lebih bernilai.
Keunikan juga bisa diciptakan dengan memilih lokasi yang unik.

Keunikan pada dimensi delivery method ini merupakan keunikan yang memiliki tingkat paling tinggi. Keunikan ini bukan berasal dari produk ataupun lembaga tetapi pada persepsi pelanggan. Oleh karena itu keunikan pada dimensi ini secara teknis sulit untuk ditiru oleh pesaing.

Contoh keunikan dimensi ini adalah tempat makan yang berada di dermaga ataupun di puncak bukit.
Keunikan yang diciptakan harus juga dikomunikasikan dengan  baik agar keunikan kita bisa diketahui  banyak orang serta bisa mendatangkan banyak konsumen. Keunikan ini pula diciptakan agar kita selalu berinovasi dan menjadi kreatif dalam memenangkan persaingan bisnis.

Sumber : Franchise Bible 
Credit Picture : www.ronvanpeursem.com 
http://portalpengusaha.com/bisnis/bangunlah-keunikan-produk-anda

Tidak ada komentar:

Jual Bubuk Cincau Hitam | Grass Jelly Powder

Anda cari supplier yang jual cincau hitam termurah untuk tambahan topping minuman bubble drink, boba brown sugar, es cappucino cincau, jelly...